Mengendarai motor di malam hari tentu berbeda dengan
mengendari motor di siang hari.
Jarak pandang yang lebih terbatas, membuat Anda perlu
menerapkan taktik khusus agar
anda tetap bisa melaju dengan
kencang tapi aman.
Salah satu penghalang
pandangan para biker adalah
sorot lampu dari kendaraan dari
arah yang berlawanan. Berbeda
jika Anda berada di dalam mobil
yang terlindung oleh kaca
depan, biker tak punya
pelindung sehingga sorot lampu
itu sangat mengganggu. Bahkan
melihat sorot lampu yang
terang di malam hari bisa
menyebabkan kebutaan sesaat.
Karena itu hindari melihat sorot
lampu secara langsung.
Sebaliknya, hindari juga
penggunaan lampu atas (high
beam) saat berpapasan dengan
kendaraan terutama sepeda
motor, agar tidak mengganggu
pandangan.
Anda mungkin merasa sangat
mengenali kondisi jalan, bahkan
setiap rambu-rambunya saat
mengendari sepeda motor pada
siang hari. Tetapi kondisinya
akan berbeda ketika
berkendara di malam hari.
Lampu penerang jalan yang
kurang bisa menghambat
pandangan. Untuk kondisi
seperti ini, penggunaan lampu
atas (high beam) juga
diperlukan.
Kaca pelindung pada helm yang
Anda pakai juga perlu
diperhatikan. Pada umumnya
helm menggunakan satu jenis
kaca pelindung (visor) yang
cenderung gelap, sehingga
hanya cocok untuk berkendara
di siang hari. Ketika malam,
pandangan menjadi sangat
terganggu. Karena itu pastikan
Anda juga memiliki visor yang
lebih terang atau pakailah
photocromatic visor. Kaca
pelindung jenis ini otomatis akan
menjadi lebih gelap saat sinar
matahari sedang terik, dan
akan kembali lebih terang saat
matahari tenggelam.
Menggunakan jaket atau helm
yang bisa melindungi juga akan
membantu Anda menghindari
masalah. Agar lebih baik,
gunakan juga jaket atau helm
yang memiliki tanda yang bisa
memancarkan sinar (spotlight),
termasuk pada panel-panel
belakang motor. Hal ini bisa
membantu pengendara lain
mengenali keberadaan Anda
sehingga kecelakaan bisa
dihindari.
Selebihnya, mengendarai motor
ataupun mobil tentu sangat
dipengaruhi oleh kondisi tubuh
dan kelakuan Anda sendiri di
jalanan. Biasanya, berkendara di
malam hari setelah pulang dari
bekerja seharian, atau pulang
dari dugem di diskotik, sehingga
tubuh dalam kondisi lelah dan
ngantuk. Hal yang terpenting
adalah jaga jarak yang aman
agar bisa mengerem dengan
baik, jaga kecepatan yang aman
agar tetap bisa mengendalikan
motor pada kondisi yang
mendadak, dan tentu saja
jangan ugal-ugalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar